KH Hasan Abdullah Sahal, Bahaya Desakralisasi, Telaga Hati Gontor TV

KH Hasan Abdullah Sahal, Bahaya Desakralisasi,

Adalah satu hal yang salah dalam pemikiran orang modern yang memandang dan menganggap bahwasannya manusia itu bebas tanpa ikatan apa-apa, sesuai dengan kemauan masing-masing. Ini adalah kesalahan yang dipaksakan menjadi benar.

Manusia bebas, namun tetap dalam lingkup ibadah kepada Allah. Tidak boleh keluar dari “Wa maa khalaqtul jinna wal insa illaa liya’buduuni”. Jadi manusia, saat dilahirkan, telah memiliki tanggung jawab untuk beribadah, tidak bebas.

Manusia bebas dalam beribadah kepada Allah, tidak boleh keluar dari beribadah kepada Allah. Makan, berpakaian, bekerja, mengajar, menjaga toko, mencangkul di sawah, semuanya itu ibadah.

Jika mengajar, mengajar sesuai dengan hidayah Allah. Jadi petani, jadilah petani sesuai dengan syariat Allah. Karena memberikan makan kepada keluarga harus suci dan sakral lillah.

Semua yang dilakukan manusia harus diarahkan kepada persembahan dan penyembahan kepada Allah.

Hidup ini suci. Hidup ini ibadah. Hidup ini adalah tanggung jawab kepada Allah SWT yang menciptakan manusia.

Setinggi apapun, sekaya apapun, sepintar apapun, tetap itu hamba Allah. Semuanya itu hanya dari Allah dan untuk ibadah kepada-Nya.

Jika dalam menjalankan ini ada yang mengganggu, itu adalah setan-setan yang mengganggu manusia dari ibadah kepada Allah. Siapa yang rugi? Dia rugi sendiri. Manusia yang tidak mau beribadah, rugi sendiri. Karena Allah tidak membutuhkan ibadah siapa saja. Karena ibadah kembali manfaatnya, hikmahnya, kepada yang beribadah.

Hidup ini sakral, penuh dengan bakti dan pengabdian kepada Allah SWT.

Kita semua punya kekurangan dan kelemahan, mudah-mudahan dengan amal yang baik, dosa-dosa itu akan tertutupi dan diampuni oleh Allah SWT, “Atbi’issayyiata hasanata tamhuhaa”

Telaga Hati Spesial Ramadhan Gontor TV

Gontor TV
More videos: http://gontor.tv/

Also tagged with: Ceramah Ramadhan, Kultum Ramadan, Ceramah, Kultum, Nasehat, tausiyah, pengajian, Pengajan Ramadhan, Kajian, Kajian Ramadhan, Ngabuburit, Puasa Ramadhan, Video Kajian Ramadhan, Video Ceramah Ramadhan, Video Kultum Ramadhan,

 

3 Comments

  1. sanusi ibnu alim berkata:

    Terima kasih tausiyahnya Pak Kyai, semoga Pak Kyai Panjang umur sehingga lebih banyak lagi ummat yang bisa mendapatlan siraman rokhaninya. Aamiiiin Ya robbal Alamiiiin.

  2. gontor berkata:

    Aamiin

  3. Kangen dengan tausiah-tausiah seperti ini dari Sang Kiyai Idola…

Leave a Comment

 
 




 
 
shared on wplocker.com